Tips Jadi Reseller Sukses Minim Modal | Money PlusMeningkatnya jenis usaha yang terjadi belakangan ini sangat luar biasa. Bermacam-macam usaha yang dilakukan pelaku usaha untuk berjualan dan mengasilkan keuntungan. Usaha yang membutuhkan bekerja di luar rumah maupun usaha yang bisa dilakukan dari rumah saja. Berkembangnya teknologi Informasi membuat kemajuan pada kebiasaan berbelanja masyarakat yang dulunya gemar berbelanja langsung hingga sekarang yang berbelanja tidak langsung atau secara online.

Berbelanja online sangat digemari karena kemudahan dan praktis juga menghemat waktu. Hal ini pun menjadi kesempatan besar bagi pelaku usaha untuk terus berkembang pesat membuka usaha berbasis online. Karena pekerjaan tersebut tidak menuntut pekerjanya melakukan kerja di lapangan dan bisa dilakukan didalam ruangan saja. Salah satunya reseller.

Reseller merupakan aktivitas menjual Kembali barang yang sebelumnya sudah dibeli. Selisih harga saat membeli dan jual menjadi keuntungan bagi reseller tersebut. Reseller memeli barang kepada agen atau distributor besar dengan jumlah banyak lalu menjualnya dengan cara mengecer kepada konsumen melalui jual beli online.

Melakukan usaha secara online sudah termasuk kepada aktivitas e-commerce dimana  yang sudah diatur dalam Undang-Undang PP Nomor 80 Tahun 2019 yaitu perdagangan melalui system elektronik (PMSE) merupakan system perdagangan yang proses transaksinya dilakukan melalui perangkat dan juga prosedur elektronik. Berdasarkan peraturan tersebut, maka semua jenis usaha yang termasuk didalamnya harus memiliki izin usaha untuk berjualan secara online.

UMKM dan usaha besar diwajibkan mendaftarkan izin usahanya. Izin usaha tersebut juga dipermudah proses pembuatannya oleh pemerintah sehingga para pelaku usaha tidak perlu khawatir. Usaha yang sudah memiliki izin menjadikan aktivitas didalamnya sah secara hukum dan mendapat perlindungan hukum jika terjadi sebuah masalah terkait usaha tersebut.