Protes Siswa SMA Ditarik Iuran

Dalam sebuah Kawasan biasanya telah ditetapkan iuran untuk lingkungan yang diurus penuh dengan pengelola tempat tersebut. Iuran tersebutpun dibayarkan sesuai dengan perjanjian yang berlaku. Namun tak sedikit kenyataan dilapangan dimana iuran yang harus dibayar kian meningkat dan bahkan tidak dapat diterima sepenuhnya.

Memberikan kewenangan untuk mengelola lingkungan kepada pengurus dengan tujuan memudahkan segala proses pengelolaannya. Pengurus hendaknya tetap menjalankan kewajibannya sebagaimana seperti yang berlaku pada Pasal 7 Nomor 8 Tahun 1999 dimana harus memiliki itikad baik dalam melakukan kegiatan usahanya dan memberikan informasi yang benar, jelas dan jujur mengenai kondisi jaminan jasa serta penjelasan pemeliharaan.

Sebagai yang memberikan iuran juga memiliki hak untuk menerima informasi yang benar dan jelas seuai dengan perjanjian. Jika ada kenaikan iuran harus di detujui kedua belah pihak. Jika hanya sepihak maka perjanjian tersebut batal. Hal ini sesuai dengan Pasal 18 ayat 3 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999. Pelaku yang melanggar dapat dikenakan ancaman pidana penjara dan denda .

Namun tentunya juga dapat diselesaikan dengan cara yang lebih baik untuk semua pihak. Ajukan keberatan kepada pengelola dan bisa dilakukan musyawarah demi mencapai keputusan bersama .