HARUSKAH MENDAPAT IZIN DARI OJK JIKA MENGUMPULKAN DANA ORANG LAIN UNTUK MEMBELI SAHAM PERUSAHAAN?

 In Korporasi

“Apakah saya harus memiliki izin sebagai Manager Investasi dari OJK untuk mengumpulkan dana dari orang lain, lalu mengelola dana tersebut untuk membeli saham di perusahaan privat (bukan efek)? Apakah kegiatan saya sudah termasuk sebagai Lembaga Keuangan Non Bank?”

Apabila merujuk kepada defenisi manajer investasi sebagaimana tertuang dalam Pasal 1 Angka1 Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 43 /Pojk.04/2015 Tentang Pedoman Perilaku Manajer Investasi, bahwa Manajer Investasi adalah Pihak yang kegiatan usahanya mengelola Portofolio Efek untuk para nasabah atau mengelola portofolio investasi kolektif untuk sekelompok nasabah, kecuali Perusahaan Asuransi, Dana Pensiun, dan Bank yang melakukan sendiri kegiatan usahanya berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Lalu apa pengertian efek itu sendiri?

Merujuk pada ketentuan yang tercantum dalam UUPM, khususnya pada Pasal 1 ayat (5) menjelaskan bahwa Efek merupakan surat berharga, yaitu surat pengakuan utang, surat berharga komersial, saham, obligasi, tanda bukti utang, Unit Kontribusi kontrak investasi kolektif, kontrak berjangka atas Efek, dan setiap derivatif dari Efek.

Maka sesuai definisi ini, kegiatan pengumpulan dana dari orang lain untuk membeli saham di perusahaan privat tidak disyaratkan untuk menjadi manager investasi. Sehingga ranah dari manajer investasi ini hanya bergerak di dalam pasar modal yang berkaitan dengan perdagangan Efek oleh emiten.

(Baca juga: Memahami Kegiatan Penawaran Umum di Ranah Pasar Modal)

Kesepakatan dalam Akad

Lalu dimana ketentuan yang menjadi pegangan bagi investor yang ingin investasi saham melalui seseorang atau badan hukum?

Jika anda adalah investor, maka yang harus dipahami adalah bagaimana akad yang akan dibuat antara anda, orang yang mengumpulkan dana dan bisnis itu sendiri. Bisa jadi pengumpul dana ini bertindak seperti kustodian. Kesepaktan yang dituangkan dalam perjanjian, berlaku selayaknya sebagai undang-undang bagi para pihak. Hal ini sebagaimana ditegaskan dalam ketentuan Pasal 1338 KUHPerdata.

Bank kustodian atau Kustodian adalah suatu lembaga yang bertanggung jawab untuk mengamankan aset keuangan dari suatu perusahaan ataupun perorangan. Lebih jauh, kustodian merupakan lembaga yang bertanggung jawab untuk mengamankan aset keuangan dari suatu perusahaan ataupun perorangan.

Bank kustodian ini akan bertindak sebagai tempat penitipan kolektif dan dari asset seperti saham, obligasi, serta melaksanakan tugas administrasi seperti menagih hasil penjualan, menerima deviden, mengumpulkan informasi mengenai perusahaan acuan seperti misalnya rapat umum pemegang saham tahunan, menyelesaikan transaksi penjualan dan pembelian, melaksanakan transaksi dalam valuta asing apabila diperlukan, serta menyajikan laporan atas seluruh aktivitasnya sebagai kustodian kepada kliennya.

Layaknya kustodian, umummnya berhak mendapatkan fee dari aktifitasnya. Dapat saja ditentukan si kustodian ini mendapatkan fee sebagai pengumpul dana, dan juga mendapatkan fee juga sebesar sekian persen dari nilai investasi dari pebisnis yang mendapatkan dana sebagai bentuk kesuksesannya mendatangkan dana bagi pebisnis tersebut.

Namun, ini kembali pada kesepakatan yang akan dibuat antara anda dengan si pengumpul dana tadi, bagaimana akad yang akan dibuat. Yang terpenting harus diperhatikan adalah, apakah investasi ini berupa pinjaman modal atau penyertaan modal yang mendapatkan bagi hasil dari bisnis tertentu, atau investasi ini berupa penyertaan modal ke dalam perusahaan?

Sehingga menjadi penting dahulu baik bagi pengumpul maupun investor untuk menyepakati objek dari kesepakatan ini nanti. Tujuannya agar tidak timbul berbeda pemahaman tentang jenis investasi yang telah diberikan.

BP Lawyers dapat membantu anda:

Kami dapat membantu anda dalam memberikan solusi terbaik atas kebutuhan aspek legal dalam investasi anda. Silakan menghubungi kami melalui ask@bplawyers.co.id atau +62 821 1000 4741

Author :

Dalmy Nasution/Bimo Prasetio

Recommended Posts

Leave a Comment

Hubungi Kami

Punya pertanyaan? Kirimkan kami pesan dan kami akan membalas pesan Anda, segera!

Not readable? Change text.

Start typing and press Enter to search