Skip to content
3 Alasan Penting Mengapa Perjanjian atau Kontrak Bisnis Harus di-Review oleh Ahli Hukum yang Berkompeten

3 Alasan Penting Mengapa Perjanjian atau Kontrak Bisnis Harus di-Review oleh Ahli Hukum yang Berkompeten

3 Alasan Penting Mengapa Perjanjian atau Kontrak Bisnis Harus di-Review oleh Ahli Hukum yang Berkompeten

Sebagai Pemilik Bisnis atau pelaku usaha, mudah untuk menandatangani dokumen kontrak atau perjanjian yang ada di depan mata. Namun, seringkali pelaku usaha yang melakukan review terhadap kontrak bisnisnya sendiri hanya fokus pada hal kecil dan tidak melihat cakupan penting yang lebih luas. Tentunya hal ini disebabkan karena minimnya pengetahuan aspek hukum terhadap perjanjian tersebut.

Sebelum menandatangani sebuah kontrak bisnis, penting untuk adanya review yang dilakukan oleh seorang ahli hukum atau lawyer untuk melihat lebih luas terhadap potensi-potensi resiko yang kemungkinan timbul di masa mendatang.

Berikut adalah tiga alasan penting mengapa perjanjian atau kontrak bisnis harus ditinjau alias di-review oleh lawyer.

 

  1. Mitigasi Risiko yang Dapat Timbul
    Meskipun kontrak yang pelaku usaha susun terlihat sederhana, seorang lawyer yang baik dapat mengidentifikasi risiko dan masalah hukum apa pun yang bisa jadi timbul di kemudian hari. Seorang lawyer dilatih untuk menafsirkan hukum dan implikasinya dalam praktik. Terutama jika terdapat klausul yang dianggap ‘tidak adil’ atau berat sebelah. Seorang lawyer yang berpengalaman dapat memberi tahu risiko dan masalah hukum utama dalam kontrak.

    Selain itu, sebagai pelaku usaha, seringkali memandang kontrak atau perjanjian hanya dari kacamata untung rugi, pemasaran dan segi bisnis lainnya. Padahal dalam menyusun sebuah kontrak, klausul-klausul yang ada haruslah dapat memitigasi konflik di kemudian hari. Dengan menggunakan lawyer untuk meninjau perjanjian tersebut, maka aspek yang diatur akan lebih detail dan menyeluruh khususnya yang menyangkut dengan kepatuhan hukum.

    Lebih lanjut, penting untuk dipertimbangkan bahwa mengeluarkan biaya lawyer setelah timbul konflik yang disebabkan oleh sebuah kontrak bisa sangat besar dibandingkan dengan biaya meminta seorang lawyer meninjau atau me-review kontrak dan mendiskusikannya sebelum penandatanganan. Seorang lawyer dapat mengidentifikasi bagaimana potensi konflik yang timbul di kemudian hari dan membantu pelaku usaha menegosiasikan isi kontrak untuk menghindari jebakan hukum yang berpotensi timbul.

  2. Pelaku Usaha dapat Memahami Pentingnya Arti Kontrak terhadap Kegiatan Bisnis di Waktu Mendatang
    Selain memberi tahu tentang risiko yang berpotensi timbul terkait dengan kontrak, lawyer juga dapat membantu memahami arti kontrak bagi bisnis di masa mendatang. Beberapa kontrak bisnis otomatis berakhir pada waktu tertentu, dan kontrak lainnya berlanjut tanpa batas.

    Bagaimanapun, menandatangani sebuah kontrak akan mengikat bisnis secara keseluruhan terhadap hak dan kewajiban tertentu. Sehingga, penting untuk memastikan dan memahami sepenuhnya apa yang menjadi hak dan kewajiban Perusahaan setelah ditandatanganinya kontrak tersebut.

    Misalnya, ketentuan terkait Kekayaan Intelektual yang seringkali menjadi hal penting diatur dalam kontrak bisnis. pelaku usaha harus memahami batasan-batasan kekayaan intelektual atas pekerjaan atau jasa yang dilakukan akibat dari suatu kontrak. Dengan adanya peran lawyer yang me-review kontrak bisnis, maka dapat lebih mengamankan Hak Kekayaan Intelektual yang dimiliki dengan memasukkan klausul-klausul yang mengamankan Kekayaan Intelektual yang dimiliki.

    Contoh lain, misalnya dalam kontrak ditetapkan bahwa pelaku usaha tidak diizinkan untuk terlibat dengan pesaing langsung mana pun di industri yang sama bahkan setelah pekerjaan kontrak selesai. Oleh karena itu, pelaku usaha harus berhati-hati agar tidak menandatangani kewajiban yang mungkin akan mempengaruhi cara menjalankan bisnis di masa depan. lawyer dapat membantu memastikan terhadap potensi-potensi kerugian yang berhubungan dengan kegiatan bisnis di masa mendatang.

    Maka dari itu peran lawyer dalam review sebuah kontrak bukan hanya untuk memitigasi risiko hukum yang timbul di masa depan namun juga menjelaskan dampak setiap klausul yang ada terhadap kegiatan bisnis secara jangka panjang.

  3. Memastikan Perjanjian Sesuai dengan Ketentuan Hukum yang Berlaku
    Dalam menyusun perjanjian atau kontrak, hal utama yang harus diperhatikan adalah terpenuhinya syarat sah dari perjanjian. Syarat sah perjanjian diatur dalam Pasal 1320 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, yakni:

    1. Sepakat mereka yang mengikatkan dirinya;
    2.  Kecakapan untuk membuat suatu perikatan;
    3. Suatu hal tertentu;
    4. Suatu sebab yang halal.

Dengan adanya ahli hukum yang melakukan review terhadap perjanjian, maka dapat dipastikan syarat-syarat tersebut di atas terpenuhi dan kontrak dapat dilaksanakan. Dan tidak lupa, aspek khusus terkait komersial dalam perjanjian harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Walaupun para pihak memiliki kebebasan untuk membuat kesepakatan, namun tetap dibatasi oleh ketentuan hukum yang berlaku. Sehingga, tidak boleh melanggar atau bertentangan dengan ketentuan yang berlaku. 

Selain itu, dalam perjanjian atau kontrak bisnis yang bernilai besar, seringkali menggunakan jaminan atau guarantee. Penggunaan jaminan dalam sebuah kontrak bisnis tidak semudah hanya dengan mencantumkannya saja. Namun, perlu dipastikan juga apakah jaminan tersebut dapat dilaksanakan atau tidak. Disinilah peran lawyer dalam review perjanjian penting karena lawyer akan melakukan peninjauan lebih jauh terhadap jaminan tersebut yang seringkali dimasukkan juga ke dalam bagian Due Diligence.

Baca Juga : 2 Syarat Yang Harus Dipenuhi Untuk Membatalkan Perjanjian Melalui Arbitrase

Kesimpulan

Sebelum menandatangani sebuah kontrak bisnis, pelaku usaha perlu memahami dengan baik hak dan kewajiban yang timbul atas kontrak tersebut. Selain itu, penting juga untuk mengetahui arti penting dari kontrak bisnis terhadap keberlangsungan kegiatan usaha di masa mendatang. Kedua tujuan penting tersebut dapat tercapai dengan adanya peran seorang lawyer dalam review atau peninjauan terhadap kontrak sebelum ditandatangani.

Jangan sampai perusahaan anda salah langkah dan terjebak dalam akibat negatif yang timbul setelah menandatangani sebuah kontrak atau perjanjian bisnis. BP Lawyers dapat membantu anda melakukan review terhadap semua kontrak bisnis Perusahaan, advis mengenai hal-hal yang penting diatur dalam kontrak bisnis anda. Silahkan hubungi kami melalui 082112341235 atau ask@bplawyers.co.id

Author: Bimo Prasetio/ Andi Akhirah Khairunnisa

Baca Juga : Ini 5 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Menyusun Perjanjian | KlikLegal

Leave a Comment