Pengaturan Safe Harbour Policy Di Indonesia

 In Korporasi

Perkembangan industri platform berbasis User Generated Content (UGC) seperti market place, kini sangat pesat di Indonesia. Platform berbasis user generated content merupakan platform perdagangan dimana masyarakat dapat mengajukan diri sebagai anggota dan memiliki akun pada Platform, serta dapat memasukkan data dan/atau informasi ke dalam Platform. Selanjutnya, Penyedia Platform menyediakan informasi penjual, barang, dan/atau jasa yang dijual secara online kepada Pengguna Platform.

Namun perkembangan ini juga tak luput dari berbagai permasalahan. Misalnya, izin operasional platform berbasis user generated content dicabut karena tindakan pengguna atau anggota platform mengungah konten yang melanggar ketentuan perundang-undangan. Penyalahgunaan oleh Pengguna Platform ini dapat merugikan Penyedia Platform, karena Penyedia Platform dapat dipersepsikan terlibat atas perbuatan yang melanggar hukum tersebut. Persepsi ini tentu menjadi momok bagi keberlangsungan usaha Penyedia Platform.

Atas dasar itu, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika menerbitkan Surat Edaran Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2016 Tentang Batasan dan Tanggung Jawab Penyedia Platform dan Pedagang (Merchant) Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (Elektronic Commerce) yang Berbentuk User Generated Content.

Adapun maksud dari kebijakan ini adalah memberikan pedoman bagi pedoman bagi Penyedia Platform atau Penyelenggara Sistem Elektronik dan Pedagang (Merchant) dalam hal batasan dan tanggung jawabnya dalam Transaksi Elektronik berupa perdagangan berbasis elektronik (electronic commerce) berbentuk user generated content.

Sedangkan tujuan dari kebijakan ini adalah:

  • Terselenggaranya penyelenggaraan sistem elektronik yang aman, andal, dan bertanggung jawab sehingga menumbuhkan ekosistem perdagangan melalui sistem elektronik.
  • Perlindungan hukum bagi penyedia Platform, pedagang (merchant) dan Pengguna Platform dengan memastikan batasan dan tanggung jawab masing-masing dalam melakukan kegiatan perdagangan melalui sistem elektronik

Selanjutnya dalam surat edaran ini diatur pula perihal konten yang dilarang dan kewajiban dan tanggung jawab penyedia platform UGC dan pedagang. Kemudian, Konten yang dilarang untuk diunggah dalam platform UGC, diantaranya:

  • Barang dan/atau jasa yang memuat konten negatif (pornografi, perjudian, kekerasan, dan konten atas barang dan jasa yang melanggar peraturan perundang-undangan)
  • Barang dan/atau jasa yang tidak memiliki perizinan untuk diperdagangkan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan

Sedangkan, kewajiban dan tanggung jawab penyedia platform UGC, diantaranya menyediakan syarat dan ketentuan pengguna platform UGC dan sarana pelaporan dan  mekanisme penghapusan dan pemblokiran terhadap konten yang dilarang.

Kewajiban dan tanggung jawab pedangang (merchant) berkewajiban dan  bertanggung jawab diantaranya menyediakan informasi yang lengkap dan benar berkaitan dengan syarat kontrak dan produk barang dan/atau jasa yang ditawarkan dan bertanggung jawab atas semua konten yang diunggah.

Point penting dalam safe harbour policy ini adalah adanya perlindungan  hukum bagi penyedia platform, pedagang, dan  pengguna platform. Di samping itu juga untuk memberikan kepastian hukum atas batasan dan tanggung jawab masing-masing dalam  melakukan  kegiatan perdagangan sistem elektronik. Khusus penyedia platform, diwajibkan menyediakan sarana pelaporan, melakukan tindakan terhadap aduan, hingga memperhatikan jangka waktu penghapusan dan/atau  pemblokiran terhadap pelaporan konten yang dilarang.

BP Lawyers dapat membantu anda:

Kami dapat membantu anda dalam memberikan solusi terbaik atas kebutuhan aspek legal dalam bisnis digital anda. Silakan menghubungi kami melalui ask@bplawyers.co.id atau +62 821 1000 4741

Author :

Dalmy Nasution dan Bimo Prasetio

Recommended Posts

Leave a Comment

*

Hubungi Kami

Punya pertanyaan? Kirimkan kami pesan dan kami akan membalas pesan Anda, segera!

Not readable? Change text.

Start typing and press Enter to search